Rabu, 12 Januari 2011

Visi dan Misi Jurusan Ushuluddin STAIN Palopo

  1. V i s i 
          Visi PS Tafsir Hadis adalah menjadi program studi yang unggul dan kompetitif dalam mengintegrasikan dan mengembangkan studi al-Qur'an dan Hadis serta bidang-bidang keilmuan lainnya bagi peradaban, tanpa meninggalkan pembinaan keagamaan secara akademik yang merupakan ciri khas STAIN. Visi ini menunjukkan cita-cita luhur untuk melahirkan tenaga handal, antara lain sebagai: Ulama, Penghulu, Penyuluh Agama, Administrator/Konseptor di Lembaga pemerintah dan LSM, Guru Tafsir dan Hadis di Madrasah dan Pondok Pesantren dengan Akta IV, Peneliti, Penulis, Pembina Rohani Islam TNI/Polri dan atau Politikus yang profesional dan berakhlak mulia.

      2. M i s i

Misi dan visi akan mendorong alokasi sumber daya di seluruh unsur organisasi, sehingga kedua ungkapan tersebut harus selaras dengan tugas.  Dalam kaitan ini, PS Tafsir Hadis memiliki misi:
1.      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pengembangan studi al-Qur'an dan studi Hadis.
2.      Mengembangkan tradisi kritis-analitis dalam penelitian al-Qur'an dan penelitian Hadis yang bermanfaat bagi dunia akademik dan masyarakat.
3.      Berperan serta dalam penyelesaian persoalan-persoalan kemasya-rakatan yang berkaitan dengan aplikasi studi al-Qur'an dan studi Hadis.
4.      Membentuk para sarjana pemikir dan peneliti di bidang tafsir dan hadis, yang bertakwa, berbudiluhur dan berdisiplin tinggi.
            Dalam prakteknya, proses pembelajaran didesain agar mahasiswa dapat belajar dan berlatih sehingga memiliki keunggulan kompetitif di bidangnya.

1 komentar:

  1. Alhamdulillah, kami sudah bisa akses di internet. Namun perlu peningkatan agar bisa diakses dan stakeholders dapat menikmati dan memberikan pengetahuan serta sosialisasi Jurusan.

    BalasHapus